Penurunan Produsen Serta Kembalinya Privateers Yang Terdapat Pada Formula 1

f1complete – Pada tahun 2008 dan 2009, Honda, BMW, dan Toyota semuanya mengundurkan diri dari balap Formula Satu dalam waktu satu tahun, menyalahkan resesi ekonomi. Hal ini mengakibatkan berakhirnya dominasi pabrikan dalam olahraga. Tim Honda F1 melalui pembelian manajemen untuk menjadi Brawn GP dengan Ross Brawn dan Nick Fry menjalankan dan memiliki mayoritas organisasi. Brawn GP mengalami pengurangan ukuran yang menyakitkan, memberhentikan ratusan karyawan, tetapi akhirnya memenangkan kejuaraan dunia tahun itu dengan Jenson Button dan Rubens Barrichello. BMW F1 dibeli oleh pendiri asli tim, Peter Sauber.

Penurunan Produsen Serta Kembalinya Privateers Yang Terdapat Pada Formula 1 – Tim Lotus F1 adalah tim lain yang sebelumnya dimiliki oleh pabrikan yang kembali ke kepemilikan “swasta”, bersama dengan pembelian tim Renault oleh investor Genii Capital. Namun, hubungan dengan pemilik sebelumnya masih bertahan, dengan mobil mereka terus ditenagai oleh Unit Daya Renault hingga 2014. McLaren juga mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi kembali saham di timnya dari Mercedes-Benz (kemitraan McLaren dengan Mercedes dilaporkan mulai memburuk dengan proyek mobil jalan raya McLaren Mercedes SLR dan kejuaraan F1 yang sulit termasuk McLaren dinyatakan bersalah memata-matai Ferrari). Oleh karena itu, selama musim 2010, Mercedes-Benz kembali memasuki olahraga sebagai pabrikan setelah membeli Brawn GP, ​​dan berpisah dengan McLaren setelah 15 musim bersama tim. Ini meninggalkan Mercedes-Benz, Renault, McLaren, dan Ferrari sebagai satu-satunya pabrikan mobil di olahraga ini, meskipun McLaren dan Ferrari mulai sebagai tim balap daripada pabrikan.

Penurunan Produsen Serta Kembalinya Privateers Yang Terdapat Pada Formula 1

Penurunan Produsen Serta Kembalinya Privateers Yang Terdapat Pada Formula 1

Untuk mengimbangi hilangnya tim pabrikan, empat tim baru diterima masuk ke musim 2010 menjelang ‘batas biaya’ yang sangat diantisipasi (lihat di bawah). Peserta termasuk Team Lotus yang terlahir kembali – yang dipimpin oleh konsorsium Malaysia termasuk Tony Fernandes, bos Air Asia; Hispania Racing – tim Formula Satu Spanyol pertama; serta Virgin Racing – masuknya Richard Branson ke dalam seri menyusul kemitraan yang sukses dengan Brawn tahun sebelumnya. Mereka juga bergabung dengan Tim F1 AS, yang rencananya akan keluar dari Amerika Serikat sebagai satu-satunya tim non-Eropa dalam olahraga tersebut. Masalah keuangan menimpa skuad bahkan sebelum mereka masuk grid. Terlepas dari masuknya tim-tim baru ini, batasan biaya yang diusulkan dicabut dan tim-tim ini – yang tidak memiliki anggaran untuk tim lini tengah dan tim papan atas – berlarian di belakang lapangan sampai mereka tak terelakkan runtuh; HRT pada tahun 2012, Caterham (sebelumnya Lotus) pada tahun 2014 dan Manor (sebelumnya Virgin kemudian Marussia), setelah bertahan jatuh ke dalam administrasi pada tahun 2014, mengalami keruntuhan pada akhir 2016.

Perombakan aturan utama pada tahun 2014 melihat mesin V8 2,4 liter yang disedot secara alami digantikan oleh unit daya hibrida turbocharged 1,6 liter. Hal ini mendorong Honda untuk kembali ke olahraga pada tahun 2015 sebagai produsen mesin keempat kejuaraan. Mercedes muncul sebagai kekuatan dominan setelah perubahan aturan, dengan Lewis Hamilton memenangkan kejuaraan diikuti oleh saingan utamanya dan rekan setimnya, Nico Rosberg, dengan tim memenangkan 16 dari 19 balapan musim itu (semua kemenangan lainnya datang dari Daniel Ricciardo dari Red Bull). 2014 juga melihat krisis keuangan yang mengakibatkan tim backmarker Marussia dan Caterham dimasukkan ke dalam administrasi, di samping masa depan Force India dan Sauber yang tidak pasti. Marussia kembali dengan nama Manor pada tahun 2015, musim di mana Ferrari adalah satu-satunya penantang Mercedes, dengan Vettel meraih kemenangan di tiga Grand Prix yang tidak dimenangkan Mercedes.

Pada musim 2016, Haas bergabung dengan grid. Musim dimulai dengan cara yang dominan untuk Nico Rosberg, memenangkan 4 Grand Prix pertama. Serangannya dihentikan oleh Max Verstappen, yang meraih kemenangan perdananya di Spanyol dalam balapan debutnya bersama Red Bull. Setelah itu, juara bertahan Lewis Hamilton memperkecil selisih poin antara dia dan Rosberg menjadi hanya satu poin, sebelum memimpin klasemen menjelang jeda musim panas. Setelah istirahat, posisi 1-2 tetap konstan sampai kegagalan mesin untuk Hamilton di Malaysia membuat Rosberg memimpin sehingga ia tidak akan menyerah dalam 5 balapan tersisa. Setelah memenangkan gelar dengan hanya 5 poin, Rosberg pensiun dari Formula Satu di akhir musim, menjadi pembalap pertama sejak Alain Prost pada 1993 yang pensiun setelah memenangkan Kejuaraan Pembalap. Tim terakhir yang tersisa dari proses entri baru 2010, Manor Racing, mengundurkan diri dari olahraga tersebut setelah musim 2016, setelah kalah ke-10 di Kejuaraan Konstruktor dari Sauber dengan satu balapan tersisa, meninggalkan grid di 20 mobil saat Liberty Media mengambil alih seri di luar musim.

Baca Juga : Ayrton Senna Pembalap Legendaris Yang Terdapat Pada Formula 1

Beberapa tahun terakhir telah melihat peningkatan kehadiran produsen mobil di olahraga. Setelah Honda kembali sebagai produsen mesin pada tahun 2015, Renault kembali sebagai tim pada tahun 2016 setelah membeli kembali tim Lotus F1. Pada tahun 2018, Aston Martin dan Alfa Romeo masing-masing menjadi sponsor utama Red Bull dan Sauber. Sauber berganti nama menjadi Alfa Romeo Racing untuk musim 2019, sementara pemilik bagian Racing Point Lawrence Stroll membeli saham di Aston Martin untuk mengubah nama tim Racing Point menjadi Aston Martin untuk tahun 2021. Pada Agustus 2020, Perjanjian Concorde baru ditandatangani oleh semua sepuluh tim F1 berkomitmen pada olahraga ini hingga tahun 2025, termasuk batas anggaran $145 juta untuk pengembangan mobil guna mendukung persaingan yang setara dan pembangunan berkelanjutan di masa depan. Pandemi COVID-19 memaksa olahraga untuk beradaptasi dengan keterbatasan anggaran dan logistik. Perombakan signifikan dari peraturan teknis yang dimaksudkan untuk diperkenalkan pada musim 2021 didorong kembali ke 2022, dengan konstruktor menggunakan sasis 2020 mereka selama dua musim dan sistem token yang membatasi bagian mana yang dapat dimodifikasi diperkenalkan. Awal musim 2020 tertunda beberapa bulan, dan baik musim itu maupun musim 2021 mengalami beberapa penundaan, pembatalan, dan penjadwalan ulang balapan karena pergeseran pembatasan perjalanan internasional. Banyak balapan berlangsung di balik pintu tertutup dan dengan hanya personel penting yang hadir untuk menjaga jarak sosial.