Fakta Ajang Balap Mobil F1 Yang Menjadi Olahraga Termahal

f1complete – Formula Satu( pula diketahui selaku Formula 1 ataupun F1) merupakan kategori paling tinggi global balap mobil buat single- seater mobil balap formula penalti oleh Fédération Internationale de lAutomobile( FIA). Kompetisi Pembalap Bumi, yang jadi Kompetisi Dunia Formula Satu FIA pada tahun 1981, sudah jadi salah satu wujud pacuan penting di semua bumi semenjak masa perdananya pada tahun 1950. Tutur formula dalam julukan merujuk pada selengkap ketentuan yang wajib dipatuhi oleh seluruh mobil partisipan. Masa Formula Satu terdiri dari serangkaian pacuan, yang diketahui selaku Grand Prix( Prancis buat hadiah penting ataupun hadiah besar), yang berjalan di semua dunia di sirkuit yang dibentuk spesial serta jalur biasa tertutup.

Fakta Ajang Balap Mobil F1 Yang Menjadi Olahraga Termahal – Hasil tiap pacuan dievaluasi memakai sistem nilai buat memastikan 2 Kompetisi Dunia tahunan: satu buat pembalap, yang yang lain buat konstruktor. Tiap juru mudi wajib mempunyai Sertifikat Luar biasa yang asi, sertifikat balap kategori paling tinggi yang dikeluarkan oleh FIA. Pacuan wajib berjalan di jalan dengan tingkatan” 1″( tadinya” A”), tingkatan kategori paling tinggi yang dikeluarkan oleh FIA. Beberapa besar insiden terjalin di posisi pedesaan di rute yang dibentuk spesial, namun sebagian insiden terjalin di jalan- jalan kota.

Untuk yang suka dengan atraksi berolahraga ekstrim ini pastinya kalian tentu dapat memperhitungkan dari keterampilan pembalap itu sendiri dikala mereka melajukan mobil balap F1 di sirkuit. Nah, bisa jadi sebagian dari kalian tidak mengenali apa saja sih yang terjalin kala pembalap F1 melajukan mobilnya di sirkuit. Selanjutnya fakta- fakta yang mencengangkan tiap pembalap mobil F1 melajukan adrenalin di tiap sirkuitnya.

Fakta Ajang Balap Mobil F1 Yang Menjadi Olahraga Termahal

Fakta Ajang Balap Mobil F1 Yang Menjadi Olahraga Termahal

1. Pembalap pada ajang balap mobil F1 selalu turun berat badan 2 sampai 4 kg usai bertanding
Sehabis berakhir berkompetisi, pada umumnya berat tubuh pembalap F1 turun mulai dari 2- 4 kilogram. Penyusutan berat tubuh itu membuat pembalap kehabisan nyaris 40% keahlian fisiknya, misalnya berjalan dengan balance, energi ataupun elastisitas otot badan. Buat mengembalikan berat tubuh semacam awal, seseorang pembalap wajib amat patuh dalam menata pola makannya.

Tidak hanya itu, perlengkapan minum spesial pada busana balap disematkan supaya metabolisme badan pembalap F1 senantiasa terpelihara dikala pacuan. Oh iya, spesial buat Sirkuit Bahrain serta Sepang umumnya pembalap F1 hadapi penyusutan berat tubuh lebih dari 4kg loh Kawan. Alasannya temperatur di kedua sirkuit itu terhitung lumayan ekstrim.

2. Kecepatan pada mobil F1 bisa mencapai 413 km/jam
Balap mobil F1 merupakan kejuaraan kecekatan sangat populer di bumi. Mobil- mobil yang dipakai dalam adu ini bukan mobil umum, tetapi mobil spesial yang memanglah tertuju buat adu cepat, yang umum kita ucap mobil F1. Dikala melihat mobil- mobil balap itu maju cepat di sirkuit, beberapa kita bisa jadi bingung, berapa kecekatan laju mobil- mobil itu? Pada 2004, pada umumnya kecekatan mobil F1 merupakan 315 km per jam. Tetapi, merambah 2005, pada umumnya kecekatan itu menurun, jadi 310 km per jam.

Penyusutan batasan kecekatan itu dilatari regulasi badan F1, FIA Resep One World Championship, yang memanglah memohon supaya kecekatan mobil diturunkan, untuk keamanan pembalap. Terbebas dari perihal itu, berapa kecekatan mobil F1 bila dipacu hingga batasan maksimum? Pada 2016, regu F1 dari Force India menulis rekor maksimum speed, dengan kecekatan 330, 8 km per jam. Rekor itu sedang di dasar kecekatan yang dicapai Antônio Pizzonia, dari BMW Williams F1. Pada 2004, di Grand Prix Italia, ia dapat maju dengan kecekatan luar biasa, 369, 9 km per jam. Gimana mobil F1 dapat dipacu sampai sedini itu? Semacam yang diucap mulanya, mobil- mobil F1 memanglah didesain buat pacuan, alhasil wujudnya juga jauh berlainan dengan mobil- mobil standar yang umum maju di jalur raya.

Tidak hanya mesin penggeraknya yang memanglah didesain buat adu cepat, salah satu aspek berarti yang membolehkan mobil F1 maju amat cepat merupakan downforce yang sanggup kurangi serangan titik berat hawa pada mobil. Sesungguhnya, mobil F1 dapat dipacu lebih kilat lagi, sampai menggapai 400 km per jam. Tetapi laju mobil sedini itu dapat amat beresiko, sebab mobil dapat terempas pergi rute, serta sang juru mudi dapat terlempar. Gimana juga, mobil F1 dipacu di darat! Walaupun resikonya amat besar, terdapat yang sempat berupaya melajukan mobil F1 sampai menggapai ketangkasan 400 km per jam, apalagi lebih. Regu Kafe Honda sempat melaksanakan penelitian buat membongkar rekor dunia dalam perihal ini, serta mereka mengonsep mobil yang dapat dipacu sampai kecekatan 413 km per jam!

Sayangnya, rekor itu tidak diakui oleh FIA. Alasannya, percobaan kecekatan itu dicoba di padang Bonneville Salt Flats( lapangan besar garam, bukan di sirkuit wajar), serta mobil yang dipakai pula ditambahi pemberat yang membuat mobil senantiasa melekat di darat. Betul alami, sesungguhnya. Bila mobil tidak ditambahi pemberat, serta dipacu sampai 413 km per jam, mobil dapat terangkat ke hawa sebab titik berat yang kokoh.

Baca Juga : Kejuaraan Pada Balap Formula Dari Berbagai Negara

3. Memiliki radius putar yang sedikit pada mobil F1
Berlainan dengan mobil pada biasanya, mobil balap F1 tidak mempunyai radius putar yang besar. Para pembalap F1 lumayan membelokkan sedikit kemudinya serta dengan cara otomatis mobil F1 hendak berbelok. Tetapi siapa duga, buat membelokkan mobil F1 lumayan susah loh Kawan. Dengan cara kalkulasi fisika bersumber pada metode metode force( gaya- gaya) yang bertugas, dikala mobil menikung di ujung sirkuit, mobil hendak terasa lebih susah dikendalikan. Penyebabnya, ada banyak style bertugas yang harus ditangani pembalap. Pembalap F1 pastinya harus sanggup menanganinya. Apabila tidak sanggup menanganinya, tidak tertutup mungkin mobil hendak terpelintir, terpental ataupun tersusul oleh pembalap F1 yang lain.

4. Mobil balap F1 dapat berhenti pada jarak 5 m di kecekatan 200 kilometer per jam
Sempatkah kalian memandang para pembalap F1 memakai penopang leher yang berhubungan ke bangku balap mobilnya. Bagian itu berperan buat menahan G- force kala Pembalap F1 melaksanakan pengereman buat merambah belengkokan kala pacuan.

Pasanya, mobil balap F1 dapat menyudahi dengan cara sempurna dari kecekatan 200 kilometer atau jam cuma dalam durasi 2 detik serta cuma menginginkan jarak 55 m saja. Nah, kala pembalap F1 mengerem, badan pembalap( paling utama leher) wajib menahan desakan ke depan sampai 5, 6 kali berat tubuhnya sendiri( 5, 6G). Bila para pembalap F1 tidak dibekali penopang leher, telah dapat ditentukan hendak hadapi luka sungguh- sungguh. Selaku pembeda, mobil pada biasanya menginginkan jarak 120 m buat melaksanakan pengereman dari kecekatan 200 kilometer atau jam sampai menyudahi dengan durasi 4, 1 detik.

5. Pada setiap balapan pembalap F1 selalu memantau 15 lampu yang ada pada kemudi
Kalian sempat amati bukan sistem kemudi pembalap F1 yang lumayan kompleks serta banyak tombolnya. Nah, itu seluruh berperan di tiap pacuan, bagus itu kala mau mendahului, merambah belengkokan, serta memeriksa situasi mobil sepanjang berkompetisi. Pembalap F1 sendiri wajib memantau serta melihat tidak kurang dari 15 guna berarti lampu dan LCD alat pemantau dikala berkompetisi di kecekatan besar. Bila terdapat kekeliruan sedikit saja serta pembalap tidak memahaminya, bisa- bisa terjalin perihal yang tidak di idamkan.

Baca Juga : Jejak Indonesia Pada Ajang Balap Mobil Formula 1

6. Temperatur mobil balap F1 sangat panas
Temperatur di dalam knalpot mobil balap F1 menggapai 950 bagian Celcius. Dikala melaksanakan pengereman, temperatur cakram rem mobil F1 dapat menggapai lebih dari 1000 bagian Celcius. Sebaliknya temperatur pada umumnya dalam kokpit sepanjang pacuan merupakan 55 bagian Celcius.

7. Ban pada mobil F1 hanya teruntuk jarak 120km
Ban mobil F1 cuma bertahan cuma buat 90- 120 kilometer. Bandingkan dengan ban mobil wajar yang sedang dapat digunakan sampai 60 ribu hingga 10 ribu kilometer. Sepanjang pacuan berat ban mobil balap menyusut dekat 0, 5 kilogram dampak aus.

8. Mesin pada mobil F1 hanya bertahan 2 jam
Mesin F1 cuma mampu bertahan sangat lama 2 jam, bila melalui itu mesin hendak meledak. Sedangkan mobil yang legal di pasaran dapat bertahan hingga 20 tahun. Seperti itu kenapa mobil balap F1 amat mahal. Tidak hanya itu, mesin mobil balap ini berkeliling hingga 1800 rpm, maksudnya piston naik turun sebesar 300 kali dalam satu detik. Coba Kawan mengedip sebesar 300 kali dalam satu detik, mampu tidak?