Fakta Menarik Tentang Mobil Formula 1

Fakta Menarik Tentang Mobil Formula 1 – Formula 1 merupakan ajang balap paling bergengsi yang mengadukan kecepatan mobil kursi tunggal terbaik. Mobil balap yang digunakan untuk beradu di ajang balapan bergengsi ini adalah mobil-mobil tercepat di dunia. Hal tersebut dikarenakan kecepatannya ketika menikung yang dihasilkan oleh aerodinamika gaya turun yang mutahir. Tidak semua pembalap bisa mengendarai mobil balap ini karena tingkat kerumitan pada mobilnya yang terbilang sangat tinggi. Oleh sebab itu para pembalap yang memiliki prestasi di ajang balapan ini patut diacungi jempol lantaran keberhasilannya menaklukan mobil balap ini. Berikut ini adalah fakta menarik tentang mobil Formula 1 yang wajib anda ketahui:

1. Terdiri dari 80.000 komponen
Fakta menarik yang pertama dari sebuah mobil jet darat yang digunakan untuk adu cepat di ajang balap bergengsi Formula 1 adalah untuk sebuah mobil F1 yang digunakan untuk balapan tersebut membutuhkan sekitar 80.000 komponen. Semua komponen yang banyak tersebut harus disusun dengan tingkat kesalahan yang nol. Yang menarik adalah proses penyusunan mobil jet darat ini harus dilakukan 99,9% dengan benar. Untuk merakit dan membuat mobil super cepat ini membutuhkan kerja keras dan ketelitian yang sangat tinggi.

2. Mobil yang digunakan sangat mahal
Mobil yang digunakan oleh setiap tim yang berpartisipasi dalam gelaran seri balap Formula 1 sangatlah mahal. Untuk sebuah mobil F1 dibanderol dengan harga yang lebih dari 40 juta pounsterling atau setara dengan Rp 750 miliar. Harga tersebut belum dihitung dengan biaya material lainnya. Sehingga mungkin rasanya jika satu unit mobil jet darat ini harganya sangat mahal bahkan bisa mendekati angka Rp 1 triliun. Mobil yang digunakan pada ajang balapan ini sangat mahal karena mobil ini membutuhkan biaya peneliatan, pengembangan, serta dibutuhkan teknologi tinggi ketika merancangnya. Selain itu mesinnya pun memiliki harga yang sangat mahal.

Tentang Mobil Formula 1

3. Memiliki setir yang rumit
Setir yang dimiliki oleh mobil balap Formula 1 berbeda dengan mobil umumnya. Pasalnya di setir mobil jet darat ini memiliki 35 tombol yang mampu mengatur semua hal yang diperlukan seperti batas kecepatan di pit, melakukan komunikasi dengan tim, menyetel differentian, dan masih banyak lagi. Selain itu di setir mobil ini juga terdapat sebuah layar LCD yang berukuran kecil. Setir mobil F1 juga sangat mahal. Pasalnya setir yang digunakan oleh mobil ini bisa mencapai Rp 656,1 juta.

4. Mampu melesat dengan sangat cepat
Mobil yang digunakan pada ajang balap Formula 1 mampu melesat dengan sangat cepat. Mobil-mobil tersebut mampu melaju dengan kecepatan hingga 300km/jam. Oleh sebab itu mobil yang digunakan pada ajang balap bergengsi ini dijuluki sebagai mobil jet darat karena dapat melaju dengan sangat cepat di atas lintasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *