Charles Leclerc Raih Posisi Kelima Klasemen Sementara Formula 1

Charles Leclerc Raih Posisi Kelima Klasemen Sementara Formula 1

Charles Leclerc pembalap muda berbakat yang meraih posisi kelima klasemen sementara dalam ajang bergengsi formula 1 di kanada ini merupakan pembalap yang berasal dari monte carlo, Monako. Pemuda kelahiran 16 oktober 1997 ini memenangkan kejuaraan pertamanya saat masih berusia 10 tahun. Bakat yang sudah terlihat sejak belia terlihat dari berbagai kejuaraan yang pernah Charles ikuti. Pada tahun 2005 Charles memulai karirnya dalam ajang balapan dengan mengikuti kompetisi gokart dan berhasil menjadi juara pada tiga tahun berturut-turut setelah debutnya dimulai. Setelah sukses dengan karir gokart Charles mencoba peruntungan kembali dalam ajang Formula renutl 2 dan formula 3. Kembali meraih hasil yang memuaskan Charles selangkah maju memulai debut ke ajang GP3.

Pada tahun 2015 Charles Leclerc mencoba peruntungan dengan menjajaki ajang balapan GP3. Setelah mengikuti tes akhir musim Charles Leclerc secara resmi direkrut oleh ART Gran Prix dan menjadi rekan setim Nyck De Vris dalam ajang balap GP3 musim 2016. Sepanjang musim 2016 Charles Leclerc berhasil meraih tiga kali kemenangan dan mengunci gelar di Abu Dhabi.

Karir formula 1 seorang Charles Leclerc dimulai pada awal tahun 2017. Charles Leclerc bergabung dalam akademi Ferrari dia bekerja sebagai pembalap tes untuk Haas F1 team dan berpartisipasi pada sesi latihan pertama bersama team Haas. Charles Leclerc langsung terjun dari GP3 ke formula 1 bersama Haas saat ajang formula 1 diadakan di Hongaria. Charles Leclerc berhasil tampil sebagai yang tercepat pada sesi latihan pertama akan tetapi tidak mengikuti sesi latihan yang kedua. Pada bulan Desember 2017 Charles Leclerc melakukan debut formula 1 nya bersama tim Sauber dan menandatangani kontrak bersama tim tersebut. Charles Leclerc akan tampil pada formula 1 musim 2018. Debut pertamanya ini berhasil mengungguli pembalap seniornya yaitu marcus ericsson dan mampu lolos ke jejeran 10 besar kualifikasi formula 1. Dan pada September 2018 Charles Leclerc diumumkan secara resmi bergabung bersama dengan tim Ferrari menggantikan Kimi Raikoken dan akan memulai debut sebagai pembalap Ferrari pada musim 2019.

Charles Leclerc dikontrak selama empat musim oleh tim Ferrari yang berarti Charles Leclerc masih akan bergabung bersama tim tersebut sampai musim 2022. Debut pertamanya dengan tim Ferrari menorehkan prestasi yang patut dibanggakan, dari 7 ronde pada musim 2019 Charles Leclerc berhasil menduduki peringkat kelima dalam daftar klasemen sementara pembalap formula 1. Charles Leclerc berhasil menyusul rekan setimnya yaitu Sebastian vettel yang berhasil menduduki posisi ketiga karena harus rela menyerahkan posisi podium pertama pada lewis Hamilton setelah insiden saat balapan pada akhir ronde ke 7 formula 1 yang diadakan di kanada 10 juni yang lalu.

Leave a Comment